Pages

Tuesday, January 22, 2013

Perumahan Karawang Siasati Penyempitan Lahan

Perumahan Karawang Galuh MasPerumahan Karawang Siasati Penyempitan Lahan - Tanpa disadari oleh manusia, pembangunan perumahan dan juga permukiman dalam skala besar akan selalu dihadapkan kepada masalah tanah, dimana daerah perkotaan menjadi semakin daerah yang langka area kosongnya dan semakin mahal harganya.

Bahkan tidak sedikit yang kita jumpai saat ini areal pertanian yang diubah menjadi kawasan permukiman, hal ini jelas terjadi karena ketersediaan tanah yang sangat terbatas sedangkan permintaan masyarakat akan sarana hunian terus meningkat setiap saatnya. Konsekuensi yang logis dari penggunaan tanah pertanian sebagai kawasan Perumahan Karawang ini menyebabkan menurunnya angka produksi pangan serta rusaknya ekosistem lingkungan yang apabila dikaji lebih lanjut merupakan awal dari permasalahan lingkungan di perkotaan, sepertihalnya banjir, longsor dan lain sebagainya.


Hal ini pulalah yang menjadi pilihan alternatif lain di Perumahan Karawang Galuh Mas, dalam upaya untuk menanggulangi permasalahan pertanahan yang terjadi di dalam kota besar layaknya Jakarta adalah dengan membangun fasilitas hunian di daerah pinggiran kota, yang tentunya relatif lebih murah harganya. Namun permasalahan baru muncul lagi di sana, yaitu jarak antara tempat tinggal dan lokasi bekerja menjadi semakin jauh sehingga kota tumbuh menjadi tidak begitu efisien dan berimbas pada terasa mahalnya biaya hidup bagi penghuninya.

Untuk mensiasati hal itu, Perumahan di Karawang berupaya menjadi perumahan yang layak huni dengan Design Rumah yang menarik dilengkapi dengan fasilitas umum dan fasilitas sosial yang menunjang aktifitas masyarakat Galuh mas Karawang, dengan akses jalan yang mudah.Selain itu, keberadaan pusat perbelanjaan di Perumahan Karawang Galuh Mas yaitu Mall Karawang Central Plaza pun menjadi jalan tersendiri untuk membuat masyarakat disana tidak perlu pergi jauh-jauh untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Terlebih yang penting adalah penyediaan perumahan dan pemukiman juga harus diikuti dengan penyediaan prasarana dasar seperti penyediaan sarana air bersih, sistem pembuangan, sistem pembuangan kotoran, air limbah, saluran air hujan, tata bangunan, penanggulangan akan bahaya kebakaran, pencemaran air, udara, dan juga tanah yang memadai.

No comments:

Post a Comment