Pages

Monday, April 15, 2013

Permasalahan Perumahan Indonesia

Perumahan Karawang - Galuh Mas
Permasalahan Perumahan dan Pemukiman Di Indonesia - Ada banyak masalah yang timbul karena perumahan dan juga pemukiman di Indonesia. Mulai dari yang besar hingga yang kecil yang ada di perkotaan atau pedesaan, terlebih untuk daerah-daerah perbatasan yang dapat menjadi satu alternative kehidupan masyarakat saat ini. Misalnya saja Karawang, Cikarang, Bogor, atau mungkin Depok yang kesemuanya hampir terpengaruh oleh dimensi ibu kota.

Lihat saja jika ditilik beberapa tahun kebelakang, Karawang mungkin lebih dikenal sebagai kota yang sarat dengan industry. Orang datang dari daerah untuk bekerja di pabrik-pabrik yang tersebar cukup banyak di kota itu. Dan pada akhirnya ada yang menetap cukup lama bahkan mulai berkeluarga. Hal itu yang kemudian mendorong dan juga menimbulkan perkembangan dalam hal pembangunan Perumahan Karawang.

Namun, ada banyak kekurangsiapan kota dengan sistem perencanaan dan pengelolaan kota yang lebih tepat, dalam mengantisipasi pertambahan penduduk dengan berbagai motif dan keanekaragaman, nampaknya menjadi satu penyebab utama yang mampu memicu timbulnya permasalahan perumahan dan permukiman. Baca juga artikel rumah lainnya Tips Rumah

Secara sederhana permasalahan perumahan dan permukiman ini adalah tidak sesuainya jumlah Rumah Tinggal yang tersedia jika dibandingkan dengan kebutuhan dan jumlah masyarakat yang akan menempatinya. Tetapi apakah bila kita dapat melihat lebih dalam, beberapa pokok permasalahan dalam perumahan dan pemukiman ini.

Misalnya saja keadaan penduduk yang akan selalu mengalami perkembangan, merupakan faktor utama yang akan menyebabkan permasalahan perumahan dan permukiman ini selalu menjadi sorotan utama pihak pemerintah dan juga swasta. Pesatnya angka pertambahan penduduk yang tidak sebanding dengan penyediaan sarana perumahan menyebabkan permasalahan ini semakin pelik dan juga serius.

Permasalahan dalam bidang kependudukan dewasa ini tidak hanya menjadi isu pada kota-kota dipulau jawa, tetapi beberapa kota di pulau lainpun sudah mulai memperlihatkan gejala yang mungkin hampir serupa. Meningkatnya pula arus urbanisasi dan semakin lebarnya jurang pemisah antara kota dan desa merupakan salah satu pemicu permasalahan kependudukan ini.

No comments:

Post a Comment